Selamat Datang di webBlog MTs. Rijalul Hikam Jatinagara untuk sementara webBlog sedang dalam perawatan, harap maklum bila tidak ada update data dan postingan (salam ADMIN)

Selasa, 09 April 2013

Sejarah Singkat Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Rijalul Hikam

YPI RIJALUL HIKAM

Pada tahun 1967 Majelis Pendidikan Ma’arif di Jatinagara telah bermusyawarah yang hasil keputusannya antara lain ”merumuskan kebijaksanaannya yang menyangkut pendidikan islam formal”, maka telah terjadi kesepakatan untuk mendirikan suatu sekolah di bawah naungan Departemen Agama yang bernama Pendidikan Guru Agama (PGA) 4 tahun yang dikelola oleh suatu Majlis Pendidikan Ma’arif.
Pada tanggal 1 Pebruari 1968 berdirilah PGA 4 tahun tersebut, dengan Surat Penetapan Pengesahan Kepala Dinas Pendidikan Agama Kabupaten Ciamis Nomor : 213/Pt/A/PGA/H-15/1968 tertanggal 8 April 1968.
Sesuai dengan laju perkembangan pendidikan khususnya persekolahan di negara kita, maka PGA 4 tahun Jatinagara beralih fungsi dan menjadi Madrasah Menengah Pertama (MMP) yang akhirnya menjadi MTs. Jatinagara.
Kemudian pada tahun 1978 di Desa Jatinagara telah berdiri suatu Yayasan Pendidikan Islam yang diberi nama Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Rijalul Hikam dengan Akta Notaris Siti Hadjar Prawirasetya, SH. Nomor : 68 tanggal 31 Agustus 1978 dan terdaftar di Pengadilan Negeri Ciamis Nomor : 4/1979 tanggal 22 Januari 1979.
Susunan pengurus yang pertama kali dengan Surat Keputusan dari Dewan Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Rijalul Hikam Jatinagara Nomor : 01/KPTS/1/YPI-RH/1978.
Pada tahun 1978 Madrasah Tsanawiyah Jatinagara seterusnya berada di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Rijalul Hikam Jatinagara.
Sesuai dengan perkembangan pendidikan di MTs. Jatinagara maka MTs. Jatinagara mendapat Piagam dari Departemen Agama Republik Indonesia dengan Nomor : 2/10/19/07/05 tanggal 10-2-1981.
Adapun jenjang pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Rijalul Hikam Jatinagara adalah :
1.    Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
2.    Raudhatul Athfal (RA)
3.    Madrasah Ibtidaiyah (MI)
4.    Madrasah Tsanawiyah (MTs)
5.    Madrasah Aliyah (MA)
6.    Majelis Taklim
Kepengurusan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Rijalul Hikam dari semenjak didirikan sampai dengan sekarang telah berganti kepengurusan sebanyak 3 kali pergantian.


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan, no spam, sara dan sek!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Desain oleh Admin (om Ogiew) | Website oleh MTs. Rijalul Hikam Jatinagara Jl. Raya Jatinagara 03, Dusun Wetan RT. 19/05 Desa/Kec. Jatinagara Kab. Ciamis 46273