Selamat Datang di webBlog MTs. Rijalul Hikam Jatinagara untuk sementara webBlog sedang dalam perawatan, harap maklum bila tidak ada update data dan postingan (salam ADMIN)

Jumat, 16 Agustus 2013

Sikap Warga Negara Yang Baik dalam mengisi kemerdekaan RI


Dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, banyak yang bisa kita lakukan khususnya sebagai pemuda. Pahlawan-pahlawan sudah banyak berkorban demi merdekanya seluruh negara republik indonesia. Mari kita pelajari dahulu bagaimana perjuangan para pahlawan dahulu ketika memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.
  1. Para pahlawan kemerdekaan telah berjuang, berkorban jiwa dan raga hanya untuk satu tujuan, yaitu MERDEKA! Mereka tidak peduli pada tantangan sesulit apapun yang menghadang perjuangan bahkan maut sekalipun. Mereka mendedikasikan diri secara total untuk mewujudkan Indonesia merdeka. Begitu pula ketika ingin meraih kesuksesan, Anda harus menemukan tujuan pasti, jelas, menarik, dan bermanfaat. Sebuah tujuan akan menjadi petunjuk untuk menciptakan gagasan-gagasan yang cerdas serta langkah-langkah yang tepat dan efektif. Tujuan akan memastikan Anda menciptakan kemajuan hingga mencapai kesuksesan, karena Anda menjadi lebih bersemangat dan fokus dalam bekerja.
  2. Sejarah mencatat bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Proklamasi itu dilakukan segera setelah bangsa Indonesia mendengar Jepang akan segera menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Jepang berencana untuk menyerah setelah bom atom ke-2 dijatuhkan di Jepang pada tanggal 9 Agustus 1945. Tanpa menunggu lebih lama, masa kejatuhan Jepang langsung dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Sama seperti mengejar kesuksesan, diperlukan tindakan cepat dalam melakukan segala sesuatu. Karenanya, tingkatkan kemampuan, gigih, sigap dan peka terhadap perubahan. Sehingga Anda terbiasa membaca perubahan dan dengan cepat mengubahnya menjadi kesempatan emas. Terlebih di era digital seperti sekarang memungkinkan Anda untuk bertindak lebih cepat, sehingga kesempatan Anda meraih kesuksesan akan semakin terbuka lebar.
  3. Mari kita tengok sejarah ketika para pejuang mengusir penjajah, mereka tidak bingung memikirkan mereka akan kalah atau menang. Walaupun dengan senjata bambu runcing, keberanian dan ketulusan mereka luar biasa. Mereka berjuang dengan gagah berani dan tanpa pamrih walaupun nyawa menjadi taruhan. Berkat perjuangan merekalah penjajah terusir dari bumi Indonesia. Perjuangan meraih kesuksesan juga memerlukan keberanian menghadapi tantangan, serta ketulusan. Rasa takut gagal dan keragu-raguan akan membuat Anda semakin terbelenggu, tidak mampu melakukan langkah-langkah agar Anda bergerak maju atau menciptakan perubahan positif. Karenanya segera lakukan sesuatu untuk memperoleh kemajuan, dan lakukan tanggung jawab Anda sebaik mungkin, tak peduli apapun tantangan yang harus Anda hadapi. Dengan keberanian, usaha terbaik dan ketulusan, Anda pasti memperoleh kesuksesan yang Anda harapkan.
  4. Para pahlawan bersatu padu dari bermacam perbedaan suku, agama, maupun adat, demi mencapai visi meraih kemerdekaan. Dalam mencapai kesuksesan juga begitu, kita harus berkumpul dengan orang-orang yang sejalan dengan apa yang kita perjuangkan. Orang-orang yang sejalan dengan visi dan misi kita akan menjadi pendukung sekaligus pelatih, yang akan memotivasi dan membantu kita tetap fokus mewujudkan visi dan misi.
  5. Setelah berhasil merebut kemerdekaan, masih banyak tantangan yang harus dihadapi bangsa Indonesia pada saat itu. Setelah Jepang kalah perang, Belanda dan sekutunya ingin kembali menguasai Indonesia. Bangsa Indonesia kembali berjuang sekuat tenaga demi mempertahankan kemerdekaan agar tidak jatuh lagi ke tangan penjajah. Kita patut bersyukur karena perjuangan para pahlawan itulah sampai saat ini kita masih menikmati kemerdekaan. Begitu pula ketika Anda berhasil meraih kesuksesan, itu bukan berarti tantangan sudah berakhir.Mempertahankan kesuksesan itu lebih sulit, sehingga diperlukan usaha yang lebih keras dan cerdas untuk membuka potensi pertumbuhan dalam bisnis maupun karir. Misalnya dalam berbisnis, jangan berhenti untuk terus membangun reputasi yang baik melalui produk atau jasa yang lebih berkualitas serta pelayanan yang semakin baik, sehingga para pelanggan selalu ingat dan dengan senang hati datang kembali sambil mengajak teman-teman mereka.

Dan dalam pembukaan UUD 1945 telah dijelaskan bahwa tercapainya indonesia merdeka karna berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa. Maka dari pada itu kita tidak boleh menyia-nyiakan kemerdekaan yang telah dijaga dan mempertahankannya sebaik-baiknya agar hingga akhir kiamat negeri indonesia tetap dalam kemerdakaan selama-lamanya. Saya telah menyusun bagaimana manusia sebagai Warga Negara Indonesia dapat mengisi kemerdakaan ini agar menjadi Warga Negara yang baik dan indonesia selalu merdeka atas segala penjajahan-penjajahan yang berusaha untuk merusak citra negara Indonesia. Hal itu adalah :
  1. Menghargai jasa para pahlawan dengan cara mendoakannya selalu agar segala perjuangannya dapat terus sampai hingga sampai kapanpun. Semoga Allah senantiasa membimbing kita.
  2. Melestarikan kebudayaan indonesia. Budaya apa saja yang telah diciptakan oleh bangsa Indonesia harus tetap kita jaga dan kita lestarikan, dengan tetap menampilkan seluruh budaya yang ada di setiap kegiatan-kegiatan yang diadakan.
  3. Melestarikan penciptaan yang telah di kreatifkan oleh bangsa indonesia. Kita sebagai warga negara yang baik harus cinta terhadap produk-produk yang dibuat atau diciptakan oleh negara ini sendiri. Karna dengan itulah kita bisa tetap mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.
  4. Membuat penciptaan-penciptaan baru terhadap teknologi yang canggih. Banyak pemuda-pemuda yang telah menciptakan hasil karya yang sangat luar biasa.
  5. Menjaga kelestarian wilayah indonesia. Segala kekayaan yang dimiliki indonesia harus kita jaga dengan seutuh-utuhnya. Jangan mau seluruh sumber daya alam kita di habisi secara liar oleh negara lain. Ini yang sekarang sangat ceroboh dari pemerintahan. Indonesia memiliki berbagai banyak sumber daya alam yang melimpah dari sabang dari merauke. Semoga kita bisa terus berjuang menghadapi segala masa penjajahan yang berusaha menyerang indonesia.

Hal ini menunjukkan, untuk menjadi bangsa yang berdaulat dibutuhkan soliditas dan kebersamaan mencapai perubahan bangsa menuju kebaikan dan perbaikan bersama. Seperti halnya disebutkan bahwa pemuda sbagai generasi pembaharu (Maryam: 42); memperbaiki dan memperbaharui kerusakan yang ada pada suatu kaum.
Kilas balik perjuangan pemuda bangsa ini patut menjadi teladan gerakan perubahan bangsa kita dalam merenggut kemerdekaan yang berdaulat bagi Indonesia tercinta. Banyak hal yang kemudian dapat kita lakukan demi perubahan bangsa ini. Berkarya menjadi nilai mutlak yang harus dilakukan para pemuda bangsa dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Melalui karya-karya positif pemuda, pada akhirnya bangsa kita benar-benar merasakan kemerdekaan penuh dari tangan-tangan pejabat yang tidak amanat, tangan-tangan pemuja hasrat kuasa sesaat, dan dari tangan-tangan para pendosa biadab. (dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan, no spam, sara dan sek!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Desain oleh Admin (om Ogiew) | Website oleh MTs. Rijalul Hikam Jatinagara Jl. Raya Jatinagara 03, Dusun Wetan RT. 19/05 Desa/Kec. Jatinagara Kab. Ciamis 46273