Selamat Datang di webBlog MTs. Rijalul Hikam Jatinagara untuk sementara webBlog sedang dalam perawatan, harap maklum bila tidak ada update data dan postingan (salam ADMIN)

Selasa, 06 Agustus 2013

Tradisi Pada Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Tidak terasa tinggal beberapa hari lagi di Bulan Ramadhan. Ada perasaan sedih karena takut tidak bertemu lagi dengan Ramadhan di tahun yang akan datang dan ada juga perasan senang untuk menyambut hari raya Idul Fitri.

Bagi orang Islam di Indonesia tentu saja berbagai persiapan pasti sudah dilakukan untuk menyambut hari raya. Mulai dari acara mudik ke kampung halaman untuk merayakan bersama keluarga, menyiapkan pakaian yang serba baru, membuat kue-kue dan masakan istimewa untuk hidangan hari raya atau bahkan persiapan bagi-bagi rezeki buat anak-anak yang umurnya di bawah 15 tahun.

Ya itulah tradisi hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut lebaran di Indonesia, seru juga walau saya sendiri tidak tahu pasti mengapa ada tradisi seperti itu. Apa karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam atau karena memang kebiasaan pendahulu kita di Indonesia seperti itu.

Berbeda dengan cerita beberapa teman yang tinggal di Italy, German, Philipine, Maroko dan London. Mereka merayakan Lebaran tanpa tradisi seperti di Indonesia. Bagi mereka yang penting sholat Ied dengan khusyu dan bermaaf-maaafan dengan sesama sudah cukup. Mendengar cerita dari saya tentang lebaran di Indonesia, membuat mereka ingin merasakan serunya berlebaran di Indonesia. 

Memang Indonesia itu negara yang terdiri dari banyak budaya dan adat istiadat sehingga terciptalah budaya lebaran yang benar-benar beda dari negara lain. Banggalah menjadi muslim Indonesia. 
Sumber : http://www.yulinuriskandar.com

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan, no spam, sara dan sek!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Desain oleh Admin (om Ogiew) | Website oleh MTs. Rijalul Hikam Jatinagara Jl. Raya Jatinagara 03, Dusun Wetan RT. 19/05 Desa/Kec. Jatinagara Kab. Ciamis 46273